Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Postingan kali ini merupakan tugas dari dosen saya, bapak Andika Parajana, dalam mata kuliah IMAKOM (Interaksi Manusia dan Komputer). Tugas ini cukup simpel tapi juga tidak dapat diabaikan begitu saja. Tugas tersebut berjudul "Kriteria dalam merancang website / program". Pengetahuan ini sangat penting bagi seorang web design / programer dalam membuat interface agar website / program yang dibuat cepat dimengerti dan mudah digunakan oleh user.
Postingan saya di dibawah ini yaitu tentang perancangan tampilan web. Setelah membaca dari beberapa referensi dan keluhan saya setelah mengunjungi beberapa website, maka terbuat tugas ini. :)
Oke, lansung saja.
  1. Menentukan nama situs website
    Gunakanlah nama yang jelas, mudah diingat, tidak menggunakan tulisan gaya anak "4L4y" dan sedapat mungkin sesuai dengan tema dan tujuan dari website tersebut.
    contoh : www.andikaprajana.web.id >> Nama website website tersebut sangat mudah diingat kerena diambil dari nama pemilik web tersebut. salah satu tujuan dari web tersebut yaitu tempat mengambil materi dan melaporkan tugas. jadi user web tersebut umumnya adalah mahasiswa.
    jangan seperti ini, misal www.4nd1kApr4jan4.com >> sulit diingat.
  2. Perhatikan waktu loading
    Zaman sekarang ini orang-orang slalu mengiginkan yang tercepat, jika website terlalu lama loading berkemungkinan pengunjung akan meninggalkan web tersebut. apalagi jika webtersebut gagal dimuat.
  3. Pengaturan warna
    Gunakanlah warna yang nyaman dimata, tidak mencolok. warna tulisan harus kontras dengan background website ["Dimana ada gelap, disana ada terang"],begitulah pepatah yang saya denganr. Jangan sampai ada tulisan seolah tertutup oleh background website.
  4. Kurangai file animasi flash dan gif
    Webiste yang terlalu banyak memuat animasi flash akan berpengaruh pada waktu loading. kadang pengunjung agak sedikit tergangu dengan gerakan animasi flash tersebut dalam membaca artikel.
    Jangan memletakan animasi di atas tulisan artikel.
  5. Gambar
    Sebuah web sangat memerlukan gambar. Gunakanlah gambar untuk memperjelas artikel. Namun perhatikan juga gambar yang dimuat tersebut, hindari memuat gambar yang memiliki kapasitas terlalu besar, muat lah gambar yang sedang namun jelas.
  6. Text
    > Gunakanlah huruf yang tidak banyak bergaya dan jelas.
    > Ukuran huruf tidak besar dan tidak terlalu kecil
    > Beri ruang kosong antara tulisan dan paragraf agar mata pembaca tidak lelah melihat banayk tulisan.
    > Perhatikan ejaan tulisan jangan sampai ada yang salah ketik karna berakibat salah pengertian nantinya.
    > Usahakan menggunakan pengaturan justify untuk kerataan teks.
    > Pakailah bahasa yang sederhana, tidak banyak memuat bahasa ilmiah, bisa juga dibuat arti darri kata ilmiah tersebut.
  7. Desain dan struktur yang tepat
    > Desain tiga dimensi memiliki daya tarik leih dari sbuah web.
    > Tata letak dari yang teratur memberikan kesan nyaman bagi pengunjung

    contoh :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan komentar dengan baik dan sopan ...
:)

Bottom Ad [Post Page]